Pasi Intel Yonif 5 Marinir Berikan Arahan Kepada Prajurit ‘Gurita Cakti’

TNI AL,  Kormar (Surabaya) PW : Palakhar Perwira Seksi Intelijen (Pasi Intel) Batalyon Infanteri 5 Marinir Lettu Marinir Basuki memberikan pengarahan kepada Bintara dan Tamtama Yonif 5 Marinir di Gedung Balai Prajurit Kesatrian Marinir Soeroto II Ujung, Semampir, Surabaya, Jawa Timur. Kamis (11/05/2023).

Kegiatan tersebut merupakan salah satu pembinaan fungsi komando untuk memotivasi semangat dan disiplin prajurit dalam menunjang tugas-tugas pokok Satuan, disamping itu juga sebagai wadah untuk komunikasi, memberikan informasi dan penekanan-penekanan kepada para prajurit serta untuk mengetahui kondisi prajurit Yonif 5 Marinir.

Sementara itu, Komandan Batalyon Infanteri 5 Marinir Letkol Marinir Supriyono, CTMP menyampaikan bahwa kegiatan tersebut memiliki arti penting bagi pembinaan kemampuan prajurit Yonif 5 Marinir untuk menambah wawasan dan pengetahuan agar mengerti dan mampu mengaplikasikan fungsi intelijen dalam melaksanakan peran dan tugas yang diemban sehari-hari.

“Memiliki sense of intelligence atau memiliki kecurigaan dan kewaspadan disekitar lingkungan itu perlu dan penting bagi seorang prajurit yaitu pola pikir dan pola tindak dalam upaya cegah dini dan deteksi dini dengan mengantisipasi, mencegah, bila perlu menanggulangi atau mengatasi awal tindak kejahatan baik dari lawan, bakal lawan, pihak netral atau kawan sendiri maupun faktor alam,” jelasnya.

Disampaikan juga bahwa  untuk lebih mengoptimalkan kemampuan dalam mengemban tugas, Prajurit Yonif 5 Marinir dituntut harus selalu meningkatkan naluri tempur dan kewaspadaan intelijen, baik di satuan maupun di medan tugas serta mengikuti perkembangan situasi dan kondisi keamanan yang terjadi baik di luar negeri maupun dalam negeri.

Related posts